Home /

3 Cara Menurunkan Berat Badan dengan cepat

Cara Sehat Menurunkan Berat Badan Dengan Cepat

Cara Langsing

Cara Menurunkan Berat Badan

Berbagai macam cara dan upaya untuk menjadi langsing dan menurunkan berat badan bukan hanya untuk penampilan saja, tetapi lebih dari itu, penurunan berat badan hingga mencapai berat badan ideal bisa mengembalikan produktivitas dan vitalitas tubuh seseorang, bahkan jika dilihat dari kacamata psikologi membuktikan bahwa kelebihan berat badan bisa mengurangi rasa PD (percaya diri) seseorang, bukan hanya karena penampilan mereka yang tidak enak dilihat, namun kemampuan bergerak nya juga terhambat karena tubuh nya yang berat, sehingga tidak bisa lincah.
Saat ini, bukan hanya wanita yang berhasrat untuk mempunyai tubuh langsing, ideal dan juga sehat, tetapi kaum laki-laki pun sudah peduli dengan berat badannya, mereka mulai sadar bahwa dengan tubuha yang memiliki berat badan yang ideal sangat penting untuk kesehatan, apalagi kaum laki-laki dituntut memiliki aktivitas dan produktivitas yang lebih tinggi disbanding kaum wanita.
Sayangnya, banyak orang mengambil jalan pintas dalam menurunkan berat badan, mereka kerap berfikir mendapatkan tubuh ideal dengan cara yang tidak ideal, padahal biaya yang dikeluarkan justru lebih mahal, belum lagi resiko efek samping akibat terapi yang baru akan dirasakan di kemudian hari, bahkan tidak jarang terapi yang ditawarkan pun hanya memungkinkan seseorang untuk mengecilkan bagian tubuh tertentu.
Oleh karena itu sudah seharusnya kita menjalani pola penurunan berat badan yang baik, dalam arti badan bisa kembali langsing namun kesehatan tetap terjaga, nah inti dari pola menurunkan berat badan yang baik adalah mengkonsumsi makanan dengan kuantitas (jumlah) sedikit, tetapi dengan kualitas (mutu) gizi yang baik, jadwal makan harus teratur, tiga kali sehari yaitu : makan pagi, makan siang, dan makan malam, nah pola ini kita sebut juga dengan pola kualitatif.
Agar pola makanan menurunkan berat badan yang baik dapat dilakukan dengan mudah dan berhasil, sebaiknya lakukan persiapan dahulu, buat menu makanan yang sesuai dengan panduan metode menurunkan berat badan yang baik dan benar, mulai dari makanan dan minuman untuk makan pagi, makan siang, makan malam, dan makanan selingan sore atau malam.
Sebenarnya jenis makanan apapun dapat anda nikmati dengan syarat dikonsumsi dalam jumlah atau takaran yang tepat, namun untuk makan pagi sebaiknya konsumsi telur, roti, dan minumah yang mengandung, gula. Untuk makanan selingan, biscuit adalah makanan yang paling tepat.
Jika pola menurunkan berat badan yang baik tersebut jalankan dengan baik dan benar, maka anda tak perlu khawatir lagi dengan urusan berat badan yang berlebih, dampak menjalankan pola menurunkan berat badan ini adalah metabolism tubuh akan bekerja dengan baik layaknya metabolisme tubuh orang langsing, pada saat terjadi penurunan berat badan, kulit anda tidak akan menjadi keriput, peot atau pun kendur, karena jaringan sel otot dan kulit akan tetap memperoleh gizi yang cukup.
Berikut saya berikan contoh pola hidup yang salah sehingga menyebabkan badan menjadi kegemukan, selain itu juga jika anda melakukan kesalahan yang tidak sadar anda lakukan, saya juga memberikan solusinya, pola hidup yang benar.

Pola Yang Salah

  • Makan pagi tidak memenuhi syarat, akibatnya sekitar jan 10.00 - 11.00 sudah merasa lapar.
  • Porsi makan siang dan malam terlalu besar.
  • Minum air berlebihan.
  • Ngemil permen, makanan kecil atau minuman manis diantara waktu makan yang telah ditentukan.
  • Terlalu banyak tidur.
  • sering tidur siang.
  • konsumsi vitamin, suplemen, produk diet, terapi hormonal (termasuk kontrasepsi).
  • Olahraga fitness atau berenang yang membuat pengerasan tubuh dan merangsang nafsu makan.

Pola Yang Benar

  • Makan pagi harus memenuhi syarat (kualitas dan kuantitas), harus awet 'kenyang' hingga menjelang waktu makan siang.Mengkonsumsi makanan dengan kuantitas (jumlah) sedikit, tetapi dengan kualitas (mutu) gizi yang baik.
  • Cairan yang ada pada tabel menu makan pagi hingga malam sudah mencukupi kebutuhan, diantara nya jam-jam makan, air putih hanya diminum untuk sekedar membasahi mulut/tenggorokan, frekuensi berdasarkan aktifitas.
  • Diantara waktu makan tidak boleh ngemil ataupun minum manis, kecuali air putih dan the tawar, minum harus sedikit-sedikit untuk sekedar membasahi mulut/tenggorokan, agar tidak menghambat mekanisme 'mesin' pencernaan untuk membuang lemak, toksin dan sebagainya.
  • Untuk memiliki tubuh langsing, idealnya tidak tidur lebih dari 7 jam perhari, jika tidur melebihi 9 jam (rutin), akan sulit menurunkan berat badan.
  • Dianjurkan tidak membiasakan diri untuk tidur siang, jika merasa sangat lelah pada siang hari, bersandarlah padakursi, setelah tertidur 15-30 menit saja anda akan merasa segar kembali.
  • Dapatkan kesehatan yang substansial, yang mana tubuh/organ dapat mengolah sendiri kebutuhan gizi, vitamin dan suplemen membuaat nafsu makan, membuat gemuk, juga membuat ketergantungan jika terpaksa menerima terapi hormonal, harus mempertimbangkan kiat untuk menekan naiknya berat badan.
  • Olahraga hanya untuk kebugaran saja, jangan untuk pembentukan, apalagi pengerasan yang justru membuat tubuh menjadi besar, berenang membuat nafsu makan bertambah dan membuat tubuh kekar/besar, kecuali hanya sekedar main air dan dilakukan pada saat menjelang waktu makan.
Bukti keberhasilan dari program penurunan berat badan adalah anda akan mendapatkan tubuh yang langsing, singset dan sehat, langsing bukan berarti kurus, langsing adalah tubuh yang berbentuk ramping, terbentuk otot yang kencang, tetapi tidak keras, postur tubuh yang halus tidak seperti binaragawan yang berpostur keras, anda akan mempunyai bentuk tubuh yang indah dan otot yang halus, jika anda menjalankan program penurunan berat badan yang baik / diet yang baik, nah diet yang baik adalah diet yang bisa membuang kelebihan lemak menjadi otot dan menampilkan bentuk tubuh yang indah dan proporsional.
Seharusnya penurunan berat badan yang baik tidak akan menimbulkan gangguan kesehatan, pada awalnya, pengurangan berat badan berdampak pada mengecilnya lingkar pinggang dan perut, ini ditandai dengan celana jeans yang tadi nya sempit mulai pas atau bahkan menjadi longgar, oleh karena itu berhasil atau tidak nya program penurunan berat badan bukan hanya berpatokan pada angka timbangan saja, jika celana jeans anda sudah mulai longgar ini berarti anda sudah mulai memasuki proses penurunan berat badan.

Pola Sehat Menurunkan Berat Badan :

Mulai Dengan Sikap Positif

Anda harus yakin bahwa anda memang ingin mencapai tubuh yang langsing dan sehat, selanjutnya perlu meyakinkan diri bahwa semua yang anda lakukan dengan pola makan yang benar adalah posirif, dengan keyakinan tersebut anda bisa melakukan diet ini dengan lebih mudah, santai dan tidak perlu menghindari berbagai godaan makanan lezat.
Hal yang paling penting adalah berpikir positif pada diri sendiri, mulai untuk menghargai diri anda dengan tidak berusaha membohongi dan memaafkan diri sendiri, kebiasaan orang gemuk adalah membohongi diri sendiri dengan tidak disiplin, mereka juga sering menganggap bahwa kegemukannya dikarenakan hal lain, seperti faktor keturunan, lingkungan atau keadaaan lain diluar dirinya.
Jangan pernah berfikir bahwa anda bisa langsing karena atau demi orang lain, jika berupaya untuk menjadi langsing dan sehat, anda perlu meyakinkan diri bahwa semua yang dilakukan adalah demi diri sendiri, bukan orang lain, jangan pula berkhayal menjadi orang laing dengan berusaha menjadi langsing, anda harus percaya bahwa tubuh langsing dan sehat memang perlu agar anda bisa lebih produktif dan bahagia.
Biasanya membuang pikiran negative lebih sulit dibandingkan membangkitkan pikiran positif, lebih banyak orang berfikir bahwa menjalankan suatu metode pelangsingan sangat sulit daripada yang berpandangan bahwa langsing adalah milik semua orang, itu artinya anda dan siapapun di dunia ini dapat memilikik tubuh yang langsing dan sehat.
Oleh karena itu, anda perlu belajar membangkitkan pikiran positif terlebih dahulu, bagaimana caranya? setelah bangun tidur di pagi hari, tarik napas sejenak, lalu keluarkan perlahan-lahan, ketika menghembuskan nafas, bayangkan anda sedang membuang hal buruk yang anda pikirkan termasuk ketidakmampuan atau kekhawatiran tidak bisa melakukan pola menurunkan berat badan dengan baik.
Selanjutnya, bangun pandangan positif dan penghargaan bahwa dengan pola penurunan berat badan yang anda jalankan bisa mencapai tujuan yang diinginkan, lebih jauh lagi, anda bisa membagikan kepada semua pengalaman baik yang anda dapatkan kepada orang lain yang memiliki harapan yang sama, yaitu memiliki tubuh yang langsing dan sehat.

Mengubah Pola Makan

Pola makan masyarakat sekarang cenderung menggemukan, pola makan ini erat kaitannya dengan gaya hidup seseorang, tidak sedikit orang yang terbiasa makan bukan pada saatnya makan, makan berlebihan dan mengkonsumsi makanan yang tidak sehat, ini bukan karena tidak mengerti pola dan cara tidak sehat, tetapi karena faktor kebiasaan.
Jika berniat mengikuti pola menurunkan berat badan yang benar, berarti anda harus mengawalinya dengan pola makanan, mulailah dengan cara mengkonsumsi makanan dalam kuantitas kecil, namun berkualitas tinggi (kualitas dilihat dari aspek gizi).
Orientasi pola makan ini berpusat pada pembentukan lambung dan system pencernaan lainnya, semua system ini dibentuk agar menjadi lebih kecil daripada sebelumnya, sehingga daya tampungnya juga mengecil, lambung diharapkan menampung makanan yang berkualitas sehingga organ vital seperti jantung, ginjal, hati, limpa dan pancreas bekerja lebih ringan.
Bentuk fisik gen bisa diturunkan, misal hidung pesek, rambut ikal, dll tetapi penyakit degenerative dapat terjadi akibat pola hidup dan makan yang tidak sehat, biasanya orang tua yang obesitas mewariskan pola makan yang sama kepada anak-anaknya, jika kelak anak-anaknya menderita kegemukan berarti bukan obesitasnya yang diturunkan melainkan pola makannya.

Memperkecil Sistem Pencernaan

Satu hal yang paling penting untuk diingat dalam metode penurunan berat badan secara efektif adalah upaya mengurangi beban kerja pencernaan dan membentuk mesin pencernaan, ibarat kendaraan bermotor dari kapasitas mesin (cc) yang besar menjadi kapasitas mesin (cc) yang kecil, oleh karena itu hal penting yang harus diingat adalah buka hanya jenis makanan yang di konsumsi tetapi juga jumlah makanan yang dimakan pada setiap kali makan.
Metode ini terasa lebih mudah dijalankan karena dalam satu kali makan anda boleh mengkonsumsi makanan kesukaan, namun pastikan bahwa dalam makanan tersebut terdapat kandungan aneka gizi, terutama protein, selain itu pastikan juga volume jenis makanan yang di konsumsi sudah sesuai dengan aturan metode penurunan berat badan yang baik, tentu saja makanan yang dikonsumsi harus merupakan bahan makanan yang segar dan tidak mengandung zat yang membahayakan kesehatan.

Pedoman agar terbentuk system pencernaan orang langsing dan sehat.

  • Ingat bahwa makan pagi itu penting, anda tidak boleh meninggalkan sarapan karena jika tidak tubuh akan merasa lapar, tubuh yang kekurangan energy tidak bisa bekerja secara optimal, selain itu anda akan cepat merasa lapar pada saat-saat diluar waktunya anda makan, oleh karena itu nikmatilah makan pagi yang berkualitas dengan minum yang manis sebagai cadangan energy dan makanan berprotein tinggi.
  • Jangan menunggu dan menunda-nunda hingga terlalu lapar dan tepati jam makan yang sudah ditentukan.
  • Jika merasa lapar diluar jam makan (biasanya antara jam 15.00 – 17.00), konsumsilah makanan kecil (snack) berupa 2-3 keping biscuit dan dilarang mengkonsumsi buah karena akan cepat menimbulkan rasa lapar kembali.
  • Pilihlah makanan yang segar dan komposisikan dengan benar, jangan menganggap makan setumpuk sayuran akan membuat kurus, meskipun hanya makan sayuran atau buah, tetapi jika jumlah nya banyak maka akan tetap memperbesar kapasitas lambung.
  • Lebih baik makan tiga kali sehari dalam porsi setengah dari porsi makan biasa, daripada satu kali makan sehari tetapi dalam porsi yang besar, pertimbangkan kapasitas lambung yang ingin di bentuk.
  • Makan dengan perlahan-lahan, cara ini efektif untuk menimbulkan rasa kenyang meskipun makan dalam jumlah sedikit (missal setengah porsi). Hal ini juga dapat membina perilaku seperti halnya kebiasaan orang kurus yang umum nya makan dengan lambat.
  • Hindari menyantap lauk pauk yang berlebihan sehingga menambah porsi makan, tubuh kita tidak memerlukan terlalu banyak jenis makanan secara bersamaan dan sekaligus, cukup dengan makanan yang bergizi tinggi tetapi berkesinambungan.
  • Jangan makan makanan yang menggunakan minyak goreng yang telah digunakan berulang-ulang dan berkualitas rendah.
  • Hindari makanan yang pedas dan asam.
  • Buatlah variasi jenis pada menu makan sehari-hari agar tubuh tidak bosan dan dapat tetap bertahan dengan pola makan yang baik dan benar.
  • Minum air putih sedikit demi sedikit sesuai dengan aktifitas agar tidak terjadi pembesaran kapasitas lambung dan merusak system enzim yang membantu pencernaaan.
  • Konsumsi daging, ikan , telur, susu setiap hari sebagai sumber protein.
  • Hindari olah raga yang berlebihan dan olahraga yang dapat mengeraskan otot, seperti angkat berbel, angkat beban dsb.
Demikian lah cara menurut kan berat badan dengan pola yang baik dan benar, semoga bisa menjadi rujukan dan cara yang efektif untuk teman-teman jalankan, semoga artikel ini bisa membantu untuk anda-anda yang mengalami masalah kegemukan dan over weight.